Selasa, 30 Juni 2015

INDAH NEVERTARI

Indah Nevertari (lahir di Medan, 11 Mei 1992; umur 23 tahun) adalah seorang penyanyi asal Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Ia dikenal sebagai juara pertama Rising Star Indonesia yang ditayangkan stasiun televisi RCTI tahun 2014, terutama saat menyanyikan lagu Gangsta milik Kat Dahlia saat babak audisi langsung.

Kehidupan dan karier

1992-2013 : Masa kecil dan awal karir

Indah Nevertari dilahirkan di Medan pada tanggal 11 Mei 1992. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan guru Mukmil Dumairi dan Huriyah Lubis. Ia memiliki 1 orang kakak laki-laki dan 4 orang kakak perempuan. Uniknya semua kakaknya memiliki nama depan Emil dan hanya Indah yang tidak memakai nama Emil. Emillia Syafrina adalah kakak pertamanya. Kakak keduanya adalah Emilza Mardiyah yang sekarang menjadi manajernya. Emilla Zola dan Emil Idham adalah kakak ketiga dan keempatnya. Kakak kelimanya adalah Emilda Khairunisa yang sekarang bekerja sebagai pegawai negeri sipil di salah satu instansi pemerintah di Aceh. Sejak kecil, Indah menyukai dan pandai menyanyikan lagu-lagu India karena sering diajak nonton film India oleh kakaknya. Salah satu lagu favorite nya adalah "Kuch Kuch Hota Hai" yang dikenal lewat film yang ditontonnya. Ia sudah mengikuti berbagai les vokal dan kompetisi-kompetisi sejak kelas 6 SD. Indah menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Taman Siswa Medan, kemudian melanjutkan pendidikannya ke SMP & SMA Taman Siswa Medan. Saat ini ia menekuni kuliah di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Saat awal kuliah inilah ia memutuskan untuk mengenakan hijab
Indah saat audisi indonesian idol di hadapan juri Ahmad Dhani, Titi DJ, & Anang Hermansyah.
Pada tahun 2013 Indah pernah mengikuti ajang Indonesian Idol musim kedelapan audisi Kota Medan dengan menyanyikan lagu Man Down milik Rihanna.Saat itu ia berhasil mendapatkan golden tiket dan lolos ke tahap eliminasi di Jakarta. Namun ia tersisih di Babak Eliminasi Episode Pertama dan tidak mempunyai kesempatan untuk tampil di babak spektakuler. Melalui acara ini publik mulai mengenalnya. Bahkan fans Indah yang diberi nama "ineversal" sudah muncul sejak saat itu. Indah meresmikan nama "ineversal" pada tanggal 01 Februari 2014 sehingga tanggal tersebut merupakan hari jadi buat semua fans Indah. Video saat audisi Indonesian Idol sudah ditonton lebih dari 2 juta kali. Ia juga sempat mengikuti LA Meet Labels Kota Medan tahun 2012 yang diselenggarakan oleh L.A. Lights dengan menyanyikan lagu "Terbaikkah Untukku" yang merupakan singel miliknya dan lagu "Something's Got A Hold on Me" milik Christina Aguilera. Selain itu dalam acara Hitam Putih Trans7 yang dipandu oleh Deddy Corbuzier pada tanggal 13 Januari 2015, Indah mengatakan bahwa ia pernah mengikuti ajang pencarian bakat lain selain Rising Star Indonesia dan Indonesian Idol yaitu Indonesia Mencari Bakat, Indonesia's Got Talent, dan X Factor Indonesia. Namun saat itu ia tidak lolos. Saat audisi X Factor di Medan, Indah membentuk grup vokal bersama tiga orang teman wanitanya dengan nama "Four Stars". Saat itu grupnya lolos untuk mengikuti audisi di Jakarta dengan juri utama, Ahmad Dhani, Bebi Romeo, Rossa, dan Anggun. Namun sebelum mengikuti audisi di Jakarta, Indah mengundurkan diri dari grup karena sesuatu hal. Sehingga grupnya mengikuti audisi di Jakarta tanpa Indah dan akhirnya mereka tidak lolos. Sebelum mengikuti ajang pencarian bakat di televisi dan bersolo karir, Indah pernah tergabung dalam sebuah band indie asal Medan "Bionic Band" sebagai vokalis dan sempat mengeluarkan singel yang berjudul "Semua Ini Untukmu" bersama band tersebut.

2014: "Rising Star Indonesia"

Rising Star Indonesia: Gangsta dan Kat Dahlia

"@indah_nevertari dope mama! Def not a typical song to choose in these competitions and you killed it! I'm rooting 4 u #IndahNevertari"
— Kat Dahlia mengapresiasi Indah melalui akun Twitter-nya.
Setelah kegagalan Indah di Indonesian Idol musim ke-8, pada tahun 2014 Indah mengikuti kompetisi Rising Star Indonesia musim pertama yang juga ditayangkan di stasiun televisi RCTI. Saat babak audisi langsung episode keempat, ia membawakan lagu "Gangsta" milik penyanyi rap asal Amerika Serikat Kat Dahlia. Pada babak tersebut, Indah mendapatkan suara sebesar 93%. Menariknya, setelah penampilan Indah tersebut Kat Dahlia langsung memberikan apresiasi kepadanya lewat Twitter. Melalui acara Rising Star Indonesia pula, ia berkesempatan untuk berbicara langsung dan duet dengan penyanyi rap tersebut. Jumat, 19 Desember 2014 babak grand final pun digelar. Dengan menyanyikan lagu "Animals" milik Maroon 5, "Man Down" milik Rihanna dan lagu kemenangannya "Come N Love Me", Indah berhasil menjadi juara Rising Star Indonesia musim pertama.

Juara Rising Star Indonesia

Indah menerima hadiah dari Hary Tanoesoedibjo selaku CEO MNC Group.
Babak Final Rising Star Indonesia dilaksanakan pada 19 Desember 2014. Babak ini menghadirkan Rossa sebagai expert tamu mendampingi expert tetap Bebi Romeo, Ahmad Dhani dan Judika serta menghadirkan grup musik rock asal Denmark Michael Learns to Rock sebagai bintang tamu. Berbeda dengan ajang pencarian bakat lainnya yang menyisakan dua finalis di akhir kompetisi, Rising Star Indonesia menyisakan empat finalis untuk memperebutkan juara pertama. Indah, Hanin Dhiya, Ghaitsa Kenang, dan grup band Bluesmates berhasil lolos ke babak grand final. Babak ini terbagi menjadi tiga tahap. Di setiap tahap, finalis harus mendapatkan voting tertinggi untuk bisa mengalahkan finalis lainnya. Pada tahap pertama, Bluesmates mendapatkan voting terendah dan gagal untuk masuk ke tahap selanjutnya. Pada babak kedua, hasil voting dari penampilan pertama dan kedua diakumulasikan dan Ghaitsa mendapatkan jumlah voting terendah yang secara otomatis tidak lolos ke tahap selanjutnya. Di babak akhir, Indah dan Hanin harus bersaing ketat untuk mendapatkan voting setinggi-tingginya. Dengan menyanyikan lagu "Animals" milik Maroon 5 pada babak pertama, "Man Down" milik Rihanna pada babak kedua dan lagu kemenangannya "Come N Love Me" pada babak akhir, Indah berhasil mendapatkan jumlah voting tertinggi dan menjadi juara Rising Star Indonesia musim pertama.
Setelah menjadi juara Rising Star Indonesia, pada tanggal 21 Desember 2014, Indah tampil perdana di kota Makassar untuk menghibur ribuan karyawan BRI dalam rangkaian HUT BRI ke 119 di Mal GTC Makassar. Ia membawakan lagu Cindai, Nirmala, Bang Bang, dan Gangsta. Hari berikutnya pada tanggal 22 Desember 2014, untuk pertama kalinya, Ia tampil di acara dahsyat RCTI membawakan singel perdananya "Come N Love Me". Pada malam pergantian tahun , 31 Desember 2014, Indah diundang oleh walikota Medan untuk mengisi acara dalam rangka memeriahkan malam tahun baru di Pematang Siantar, Medan. Ia menghibur warga Medan dengan menyanyikan lagu Bang Bang, Gangsta, dan Nirmala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar